0
Labels List
Labels Cloud
Popular Posts
Home  ›  General

Cara Mengatasi Limit Google Drive: Tips untuk Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan Anda


Google Drive merupakan salah satu tempat penyimpanan online yang banyak digunakan untuk menyimpan berbagai macam file, seperti dokumen, foto, dan video. Namun, saat menggunakan Google Drive, terdapat batasan maksimum ukuran penyimpanan yang dapat digunakan. Hal ini dapat menjadi masalah bagi orang yang sering menggunakan Google Drive untuk menyimpan file besar. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengatasi batasan maksimum penyimpanan Google Drive dengan bahasa yang mudah dipahami.

Cara Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan Google Drive


Google Drive

Jika Anda sering menggunakan Google Drive untuk menyimpan data penting dari kehidupan sehari-hari seperti dokumen, gambar, video dan lainnya, maka Anda mungkin sudah menemukan batasan kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh platform tersebut. Inilah salah satu masalah umum yang dihadapi oleh pengguna Google Drive yang bahkan telah menghabiskan semua kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh Google. Oleh karena itu, IA akan memberikan beberapa tips dan trik tentang cara meningkatkan ruang penyimpanan Google Drive secara gratis.



Google Drive Storage Usage

Sebelum Anda mulai mencari alternatif apa pun untuk menambah penyimpanan Google Drive Anda, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu ruang penyimpanan yang masih tersedia dalam akun Google Drive Anda. Anda bisa melihat berapa banyak ruang yang Anda gunakan dari kapasitas mulai dari 15 GB hingga lebih dari 2 TB yang disediakan oleh Google.



Untuk memeriksa ruang penyimpanan Google Drive yang tersisa, klik ikon pengaturan di pojok kanan atas layar, kemudian pilih "Pengaturan" dan periksa detail kapasitas penyimpanan Anda di bagian "Pengaturan penyimpanan".



Tetapi, jika Anda menemukan bahwa ruang penyimpanan Google Drive yang tersisa terlalu sedikit atau sudah habis, maka Anda harus mengambil langkah-langkah untuk memperluas ruang penyimpanan Google Drive Anda. Berikut adalah beberapa solusi untuk menambahkan penyimpanan Google Drive:



1. Tambahkan kapasitas penyimpanan di Google Drive Gratis


Google Drive free storage

Google Drive menyediakan 15 GB ruang penyimpanan cloud gratis kepada Anda saat membuat akun baru yang mudah didapatkan. Tapi jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan di Google Drive secara gratis, maka Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara berikut:



A. Klaim Penawaran Google One


Google One Offer

Pertama, Anda bisa memperluas ruang Drive Anda dengan memanfaatkan layanan Google One. Layanan ini tersedia bagi pengguna yang memiliki akun Google dan memberikan penyimpanan cloud tambahan. Google menawarkan carry-over data, yang artinya sisa GB gratis tidak terbakar jika tidak digunakan dan meluncur ke tahun berikutnya.



Untuk mendapatkan layanan Google One, Anda tidak perlu membayar lebih mahal, karena Google menawarkan program yang menyediakan layanan gratis untuk beberapa pengguna dengan cara menjawab survey, atau menggunakan jasa ponsel Google Pixel mereka.



Jika Anda seorang pengguna yang kerap menggunakan Google Drive dan memiliki kebutuhan yang cukup besar, Google One mungkin solusi terbaik untuk Anda. Google One telah membuktikan kehandalannya dalam menyediakan lebih dari 100GB ruang penyimpanan di Google Drive.



B. Menghapus file yang tidak diperlukan atau file duplikat


Pilihan lain yang dapat memberikan lebih banyak ruang penyimpanan di Google Drive secara gratis yaitu dengan menghapus semua file yang tidak diperlukan atau file duplikat, dan memindahkan file yang jarang digunakan ke layanan penyimpanan cloud lain atau ke hard drive komputer Anda.



Itulah beberapa solusi tentang cara meningkatkan ruang penyimpanan di Google Drive secara gratis. Cukup mudah untuk melakukannya, tidak perlu membayar, dan Anda dapat memperoleh manfaat tanpa perlu mengorbankan data Anda. Sekian! Semoga bermanfaat!



Menghapus File dan Folder yang Tidak Dibutuhkan di Google Drive


Menghapus File dan Folder yang Tidak Dibutuhkan di Google Drive

Google Drive adalah platform penyimpanan cloud yang banyak dipakai oleh orang-orang untuk menyimpan file dan data yang mereka perlukan. Namun, seringkali seperti halnya penyimpanan biasa, kita seringkali menyimpan file atau folder yang tak diperlukan lagi di dalam Google Drive sehingga kapasitas penyimpanan kita pun cepat terisi. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus file dan folder yang tak diperlukan. Berikut ini panduan menghapus file dan folder yang tak diperlukan di Google Drive:



1. Membuka Google Drive


Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka Google Drive dengan menggunakan akun Gmail Anda. Jika sudah dibuka, maka Anda akan melihat daftar file dan folder yang telah tersimpan di dalamnya.



2. Cari File dan Folder yang Tidak Diperlukan


Setelah masuk ke dalam Google Drive, Anda akan melihat ada banyak jenis file yang terdapat di dalamnya. Carilah di antara kumpulan file itu, file atau folder yang tak lagi dibutuhkan oleh Anda. Misalnya, file yang telah diganti dengan versi yang baru atau data yang sudah tidak terpakai lagi.


Mencari File dan Folder yang Tidak Diperlukan


Anda dapat memilih file atau folder dengan klik kanan yang nantinya akan muncul menu. Sebagai opsi, Anda dapat menghapus file atau folder dengan langsung mengklik "Hapus". Namun, sebelum menghapus lebih baik Anda memindahkan file yang masih dibutuhkan atau Anda dapat memilih opsi lain yaitu "Tambahkan ke Sampah".


Menghapus File dan Folder Google Drive



3. Memulihkan File yang dihapus


Jangan khawatir saat semua file yang Anda hapus akan hilang selamanya dari Google Drive Anda. Ada opsi yang membuat file tidak terhapus secara permanen yaitu dengan memindahkannya ke tempat yang disebut sebagai "Sampah". Sampah adalah tempat penyimpanan sementara file atau folder yang telah dihapus. Anda dapat mengunjungi Sampah kapan saja yang berada di menu samping kiri Google Drive dan dapat memulihkan file yang sudah dihapus sebelumnya. Namun, ingat! Sampah hanya menyimpan file di dalamnya selama 30 hari. Jika lebih dari itu maka file tersebut akan terhapus secara permanen. Oleh karena itu, Anda harus memastikan untuk memindahkan file atau folder yang dibutuhkan sebelum 30 hari berlalu.


Memulihkan File dalam Sampah Google Drive



4. Menghapus File secara Massal


Jika Anda ingin menghapus beberapa file sekaligus dengan cepat, ada cara yaitu menghapus file secara massal. Caranya adalah dengan menyeret mouse Anda atau klik pada file yang hendak dihapus, kemudian tahan tombol Shift dan seret pada file atau folder lain yang akan dihapus. Dengan begini, Anda dapat menghapus file secara massal dengan hanya mengklik kanan dan memilih "Hapus" atau "Simpan ke dalam Sampah".


Menghapus File secara Massal dalam Google Drive



5. Menghapus File dengan Aplikasi Pihak Ketiga


Jika Anda ingin membersihkan Google Drive dari file yang tak diperlukan dengan cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi yang dirancang khusus untuk membersihkan Google Drive seperti Clean Drive, Duplicate File Remover, dan sebagainya. Namun, sebelum Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan terpercaya agar file dan data Anda tetap aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menghapus File dalam Google Drive



Diatas merupakan beberapa langkah yang bisa Anda lalukan untuk mengatasi limit Google Drive yang penuh. Dengan menghapus file atau folder yang tak diperlukan, maka kapasitas penyimpanan Anda tidak akan cepat terisi. Pastikan Anda menghapus file atau folder yang tidak perlu agar kapasitas penyimpanan dalam Google Drive Anda tetap optimal dan terhindar dari leletnya akses penyimpanan. Selain itu, pastikan Anda menyimpan file dan data penting dalam waktu tertentu pada media penyimpanan lain seperti hardisk atau SSD untuk meminimalisasi risiko kehilangan data. Selamat mencoba!


Selamat, Batasi Limit Google Drive Telah Teratasi!


Sekarang, kamu telah mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi limit Google Drive yang sering mengganggu. Kamu dapat memilih cara yang paling mudah atau yang paling efektif, tergantung pada kebutuhan kamu. Jangan takut lagi kehilangan file penting karena batasan kapasitas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa kunjungi lagi untuk mendapatkan tips dan trik menarik lainnya. Happy file sharing!


Ad Code
Search
Ad Code
Menu
Theme
Share
Additional JS