Ciri-ciri Pasar Oligopoli: Kelebihan dan Kekurangannya dalam Persaingan Usaha


Pasar oligopoli merupakan salah satu bentuk pasar yang memiliki keistimewaan tersendiri. Berbeda dengan pasar bebas atau pasar persaingan sempurna, pasar oligopoli hanya diatur oleh beberapa perusahaan besar yang mendominasi pasar. Karena itu, pasar oligopoli memiliki pengaruh yang besar terhadap harga dan kualitas produk yang dijual. Di satu sisi, keberadaan pasar oligopoli dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan yang menjadi pemimpin pasar, tetapi di sisi lain dapat memicu kerugian bagi konsumen. Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan dari ciri pasar oligopoli yang perlu kita ketahui.

Ciri Pasar Oligopoli


Ciri Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli merupakan pasar yang hanya diikuti oleh beberapa produsen atau penjual yang menguasai pasar. Umumnya, pasar oligopoli dapat ditemukan dalam beberapa industri besar seperti perbankan, penerbangan, kendaraan bermotor, dan teknologi informasi. Meskipun produsen atau penjual yang ada dalam pasar oligopoli terbilang sedikit, namun mereka dapat mengontrol harga yang berlaku dalam pasar.


Ciri-ciri pasar oligopoli di antaranya:



  1. Jumlah Peserta Pasar Terbatas

  2. Pasar oligopoli hanya diikuti oleh beberapa produsen atau penjual. Jumlah tersebut dapat berkisar antara 2 hingga 10 perusahaan. Keterbatasan jumlah peserta pasar berdampak pada kontrol pengaturan harga oleh produsen atau penjual yang ada dalam pasar.


  3. Produk yang Dihasilkan Sama atau Mirip

  4. Pesan oligopoli umumnya menghasilkan produk yang sama atau mirip. Mirip dalam hal ini dapat diartikan dari segi kualitas dan jenis produk. Ketika produk yang dihasilkan sama atau mirip, maka dengan adanya pengaturan harga oleh para produsen atau penjual dapat memengaruhi harga yang berlaku dalam pasar.


  5. Kontrol Harga yang Dimiliki Produsen atau Penjual

  6. Kontrol harga menjadi salah satu ciri khas pasar oligopoli. Keterbatasan jumlah peserta pasar memengaruhi kontrol harga yang dilakukan oleh produsen atau penjual. Ketika hanya terdapat beberapa produsen atau penjual, mereka dapat memengaruhi harga yang berlaku dalam pasar. Misalnya, jika terdapat kecenderungan peningkatan harga dari produsen atau penjual A, maka produsen atau penjual lain cenderung akan mengikuti peningkatan harga tersebut.



Kelebihan pasar oligopoli di antaranya:



  1. Keuntungan yang Besar

  2. Produsen atau penjual dalam pasar oligopoli dapat memperoleh keuntungan yang besar karena adanya kontrol harga. Dalam pasar oligopoli, produsen atau penjual dapat menetapkan harga yang tinggi dengan kontrol yang baik. Biasanya, harga yang tinggi tersebut diikuti dengan peningkatan harga pada produk-produk lain yang beredar di pasar.


  3. Inovasi Produk

  4. Karena jumlah produsen atau penjual yang sedikit, maka mereka mempunyai kemampuan untuk menghasilkan produk yang lebih inovatif. Hal tersebut disebabkan karena mereka memiliki dana yang cukup untuk melakukan riset dan inovasi terhadap produk yang mereka hasilkan. Produk yang inovatif tentu akan memikat minat para konsumen dan memperkuat posisi mereka pada pasar yang diikuti.


  5. Adanya Redistribusi Keuntungan

  6. Pada pasar oligopoli, keuntungan yang besar yang dimiliki oleh produsen atau penjual dapat membawa banyak dampak. Keuntungan yang dimiliki produsen atau penjual tersebut dapat diubah menjadi kebutuhan bagi konsumen. Biasanya, hal tersebut dilakukan dengan memberikan program-program pemasaran dan promosi yang menguntungkan konsumen.



Namun, keberadaan pasar oligopoli juga memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan secara cermat. Beberapa kekurangan yang dimilikinya antara lain:



  1. Kontrol Harga yang Berlebihan

  2. Kelebihan kontrol harga pada pasar oligopoli dapat berdampak pada konsumen. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan harga produk yang berlebihan hanya untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar oleh produsen atau penjual. Akibatnya, hal tersebut akan menurunkan kemampuan membeli konsumen dan mengurangi kepercayaan para konsumen terhadap produsen atau penjual dalam pasar.


  3. Kurangnya Kompetisi

  4. Dalam pasar oligopoli, jumlah peserta pasar hanya terbatas, oleh sebab itu persaingan yang terjadi juga sangat terbatas. Akibatnya, hal tersebut menimbulkan kurangnya inovasi produk dan penurunan kualitas produk yang dihasilkan. Ketika terdapat sedikit pesaing di pasar, para produsen atau penjual cenderung tidak fokus pada aspek pelayanan konsumen dan hanya mengambil keuntungan semata.


  5. Produk Cenderung Monoton

  6. Keterbatasan peserta pasar dan kurangnya persaingan dapat berdampak pada monotonnya jenis produk yang ditawarkan pada pasar. Para produsen atau penjual hanya cenderung memproduksi produk yang sama atau mirip untuk menjaga posisinya pada pasar yang diikuti.



Secara umum, pasar oligopoli adalah pasar yang memiliki keunikan tersendiri. Produsen atau penjual dalam pasar ini dapat mengendalikan harga dan memperoleh keuntungan yang besar namun juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi konsumen. Oleh sebab itu, mempertimbangkan aspek positif dan negatif dari pasar oligopoli akan membantu konsumen atau pelaku bisnis dalam menyesuaikan strategi mereka pada pasar oligopoli.



Kelebihan dan Kekurangannya


Ciri pasar oligopoli kelebihan dan kekurangannya

Pasar oligopoli adalah pasar yang didominasi oleh sejumlah besar perusahaan yang bersaing, namun disisi lain para pemain pasar tidak dapat memimpin pasar dengan kebebasan. Pasar ini memiliki fitur perusahaan-perusahaan yang menjual barang atau jasa yang sama, dengan beberapa perusahaan dominan yang memegang kendali atas pasar. Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan dari pasar oligopoli, mari kita lihat lebih dekat apa itu pasar oligopoli.



Pasar oligopoli adalah jenis pasar yang terbentuk ketika beberapa perusahaan yang dominan menjual produk atau jasa yang serupa namun berbeda yang memiliki pelanggan yang hampir sama. Contoh pasar oligopoli adalah industri farmasi, kosmetik, teknologi informasi, dan lain-lain. Oligopoli adalah jenis pasar yang dapat dijumpai di banyak negara dan industri di seluruh dunia.



Kelebihan dari Pasar Oligopoli



1. Meningkatkan Efisiensi Ekonomi



Pasar oligopoli gambar

Pasar oligopoli dapat membawa banyak keuntungan bagi ekonomi. Karena pasar oligopoli memiliki lebih sedikit pemain, maka pasar menjadi lebih mudah untuk diatur dan dimonitor oleh otoritas pemerintah. Selain itu, dalam pasar oligopoli, perusahaan-perusahaan besar itu mengambil tanggung jawab untuk mengontrol tindakan mereka dan menghindari persaingan yang tidak sehat.



2. Inovasi Lebih Berlimpah



Pasra oligopoli inovasi

Salah satu keuntungan dari pasar oligopoli adalah inovasi. Perusahaan-perusahaan besar dalam pasar oligopoli terbuka untuk inovasi dalam industri mereka. Mereka mengeluarkan banyak uang untuk penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan produk atau jasa yang paling mutakhir. Persaingan yang ketat memasuki pasar akan mendorong perusahaan untuk menggunakan teknologi baru dan melakukan investasi untuk membangun mesin dan peralatan yang lebih efisien.



3. Proporsi Pasar Lebih Teratur



Pasar Oligopoli Contoh

Di pasar oligopoli, masing-masing perusahaan memiliki andil pasar yang lebih besar, yang membuat persaingan menjadi lebih adil dan tidak merugikan para pemain pasar kecil. Oleh karena itu, pasar oligopoli menghadirkan kesetimbangan dalam persaingan sehingga tidak ada perusahaan yang menguasai pasar.



Kekurangan dari Pasar Oligopoli



1. Ketergantungan Pelanggan pada Beberapa Produsen



kekurangan pasar oligopoli

Satu masalah utama pasar oligopoli adalah bahwa pelanggan menjadi tergantung pada sejumlah perusahaan dominan dalam pasar. Jika perusahaan dominan di pasar meningkatkan harga, maka pelanggan dapat merasa tertekan karena tidak memiliki banyak pilihan lain.



2. Kurangnya Persaingan



persaingan pasar oligopoli

Dalam pasar oligopoli, jumlah perusahaan yang beroperasi di pasaran sangat sedikit. Karenanya, babak persaingan menjadi berkurang dan perusahaan mempertahankan keuntungan mereka. Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan pengurangan inovasi dan kualitas produk atau layanan.



3. Potensi Kolusi



kolusi pasar oligopoli

Pasar oligopoli seringkali memunculkan kemungkinan kolusi. Dalam pasar oligopoli, beberapa perusahaan besar yang memegang dominasi besar dalam pasar dapat bekerja sama untuk menaikkan harga. Ketika itu terjadi, pelanggan merasa terluka karena mereka tidak memiliki pilihan lain dan harus membayar harga lebih tinggi.



Pasar oligopoli memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri. Memahami kelebihan dan kekurangan dari pasar oligopoli dapat membantu Anda untuk membuat keputusan yang tepat sebagai konsumen, investor atau pun pemerintah. Ekonomi pasar oligopoli memiliki dinamika persaingan yang lebih sedikit, tetapi perusahaan oligopoli cenderung menjadi aktif dalam pengembangan produk atau jasanya. Penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bidang industri jenis tersebut.


Terima Kasih Sudah Membaca!


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pasar oligopoli. Walaupun terdapat beberapa kelemahan, namun tetap saja pasar ini mampu bertahan dan bahkan menjadi pilihan bagi beberapa perusahaan. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju dengan keberadaan pasar oligopoli ini? Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs kami untuk mendapatkan informasi menarik seputar dunia ekonomi, terima kasih dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.