0
Labels List
Labels Cloud
Popular Posts
Home  ›  General

Hasil Kelulusan UNSAM 2019: Capai Target Pass Grade


Halo teman-teman! Sudah pada tahu belum nih tentang Passing Grade UNSAM 2019? Nah, kali ini kita akan membahas tentang hal itu sedikit ya. Passing grade adalah nilai ambang batas yang harus dicapai oleh peserta tes untuk bisa diterima di universitas yang diinginkan. Nah, UNSAM atau Universitas Samudra yang terletak di Aceh baru-baru ini mengumumkan Passing Grade 2019 mereka. Penasaran berapa ya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Cara Menghitung Passing Grade UNSAM 2019


Passing Grade UNSAM 2019

Bagi seorang mahasiswa, terutama mahasiswa baru, mengetahui passing grade merupakan hal yang sangat penting. Setiap universitas memiliki passing grade berbeda-beda, begitu juga dengan Universitas Samudra. Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui cara menghitung passing grade UNSAM 2019, berikut adalah penjelasannya:



Passing grade atau batas nilai kelulusan adalah nilai minimal yang harus dicapai oleh seorang mahasiswa agar dapat lulus pada suatu mata kuliah. Setiap universitas atau perguruan tinggi memiliki aturan passing grade yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting bagi mahasiswa untuk mengetahui passing grade yang berlaku di kampusnya.



Pada Universitas Samudra, passing grade yang ditetapkan untuk semua mata kuliah adalah 60 atau setara dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 2,00. Artinya, jika nilai yang didapat oleh seorang mahasiswa pada suatu mata kuliah kurang dari 60, maka ia dianggap tidak lulus dan harus mengulang mata kuliah tersebut pada semester berikutnya.



Bagaimana cara menghitung passing grade UNSAM 2019? Pertama-tama, Anda perlu mengetahui bobot nilai dari setiap unsur penilaian yang ada pada mata kuliah tersebut. Unsur penilaian biasanya terdiri dari tugas, quiz, UTS, UAS, dan kehadiran. Setiap unsur penilaian memiliki bobot yang berbeda sesuai dengan kebijakan dosen pengampu mata kuliah.



Setelah mengetahui bobot nilai dari setiap unsur penilaian, selanjutnya Anda perlu menghitung nilai akhir mata kuliah. Nilai akhir ini akan membantu Anda menentukan apakah Anda sudah lulus dengan nilai yang cukup atau masih harus mengulang mata kuliah tersebut.



Untuk menghitung nilai akhir, Anda dapat menggunakan rumus:



Nilai Akhir = (Tugas x Bobot Tugas) + (Quiz x Bobot Quiz) + (UTS x Bobot UTS) + (UAS x Bobot UAS) + (Kehadiran x Bobot Kehadiran)



Sebagai contoh, berikut cara menghitung nilai akhir pada suatu mata kuliah dengan bobot nilai sebagai berikut:



- Tugas: 20%


- Quiz: 10%


- UTS: 30%


- UAS: 40%



Contoh Nilai yang Diperoleh:



- Nilai Tugas = 70


- Nilai Quiz = 80


- Nilai UTS = 65


- Nilai UAS = 75


- Kehadiran = 90% (dalam hal ini Bobot kehadiran diset 5% atau tidak ada pengaruh pada nilai akhir)



Maka, dapat dihitung nilai akhir sebagai berikut:



Nilai Akhir = (70 x 20%) + (80 x 10%) + (65 x 30%) + (75 x 40%) = 14 + 8 + 19,5 + 30 = 71,5%



Apabila hasil nilai akhir yang diperoleh sudah lebih dari atau sama dengan 60 atau IPK 2,00, maka Anda dinyatakan lulus pada mata kuliah tersebut. Namun, apabila nilai akhir yang diperoleh masih di bawah 60, maka Anda dianggap tidak lulus dan harus mengulang mata kuliah tersebut pada semester berikutnya.



Itulah cara menghitung passing grade UNSAM 2019 yang dapat Anda pelajari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda sebagai mahasiswa Universitas Samudra.



Faktor-faktor yang Mempengaruhi Passing Grade UNSAM 2019


Passing Grade UNSAM 2019

Passing grade merupakan nilai ambang batas bagi calon mahasiswa yang ingin diterima di suatu universitas. Di Universitas Sembilanbelas April (UNSAM) tahun 2019, passing grade untuk beberapa program studi mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penurunan passing grade ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:



Jumlah Peminat


Jumlah Peminat UNSAM

Jumlah peminat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi passing grade di UNSAM tahun 2019. Semakin banyaknya calon mahasiswa yang ingin masuk ke suatu program studi, semakin ketat persaingannya. Jika jumlah peminat meningkat namun jumlah daya tampung tidak berubah, maka passing grade akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika jumlah peminat menurun, maka passing grade akan cenderung menurun. Hal ini dapat dilihat pada program studi yang passing gradenya mengalami penurunan di UNSAM tahun 2019, seperti Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Bahasa Inggris. Kedua program studi tersebut mengalami penurunan passing grade seiring dengan penurunan jumlah pendaftar.



Kualitas Peserta


Kualitas Peserta UNSAM

Kualitas peserta merupakan faktor lain yang mempengaruhi passing grade di UNSAM tahun 2019. Jika calon mahasiswa yang mendaftar ke suatu program studi memiliki kualifikasi akademik yang lebih baik, maka passing grade akan cenderung lebih tinggi. Hal ini terjadi karena mahasiswa dengan kualifikasi akademik yang lebih baik cenderung lebih mampu mengikuti materi perkuliahan dan mendapatkan nilai yang lebih tinggi di masa depan. Di UNSAM tahun 2019, Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Bahasa Inggris mengalami penurunan passing grade karena kualitas peserta yang mendaftar juga menurun. Dalam arti lain, peserta yang mendaftar ke kedua program studi tersebut memiliki kualifikasi akademik yang lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.



Rasio Antara Jumlah Pendaftar dan Daya Tampung


Rasio Antara Jumlah Pendaftar dan Daya Tampung UNSAM

Rasio antara jumlah pendaftar dan daya tampung adalah perbandingan antara jumlah calon mahasiswa yang mendaftar dengan jumlah mahasiswa yang dapat diterima di suatu program studi. Jika rasio antara jumlah pendaftar dan daya tampung suatu program studi lebih tinggi, maka passing grade akan semakin tinggi karena persaingan semakin ketat. Hal ini dikarenakan hanya terbatasnya jumlah mahasiswa yang dapat diterima di suatu program studi. Di UNSAM tahun 2019, Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Bahasa Inggris mengalami penurunan passing grade karena rasio antara jumlah pendaftar dan daya tampung yang semakin tinggi.



Overall


Passing Grade UNSAM Overall

Dalam kesimpulannya, penurunan passing grade di UNSAM tahun 2019 pada beberapa program studi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jumlah peminat, kualitas peserta, dan rasio antara jumlah pendaftar dan daya tampung. Oleh karena itu, dalam memilih program studi, calon mahasiswa perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut agar dapat memperkirakan peluang untuk diterima.


Selamat ya untuk yang lulus S1 Universitas UNSAM 2019!


Itulah kabar baik untuk kita semua, terutama bagi para lulusan UNSAM 2019. Tidak ada yang lebih membanggakan daripada hasil kerja keras yang terbayar lunas. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan syukur atas pencapaianmu dan jangan pernah berhenti mengejar impianmu. Kami berharap artikel ini memberi banyak manfaat buatmu. Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk berkunjung lagi ya! Sampai jumpa.


Ad Code
Search
Ad Code
Menu
Theme
Share
Additional JS