0
Labels List
Labels Cloud
Popular Posts
Home  ›  General

Inilah Daftar Nama Mahasiswa yang Lulus SNMPTN dan Kalahkan Passing Grade ITB 2019 2


Hai teman-teman, sudah pada tau gak nih, gimana hasil kelulusan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk semester 2 tahun 2019 kemarin? Yup, banyak yang sudah menunggu-nunggu jawabannya nih. Kabar baiknya adalah sebagian besar mahasiswa ITB telah dinyatakan lulus dengan nilai yang memuaskan, tapi tentunya tidak ketinggalan juga yang belum beruntung dalam menempuh ujian semester tersebut. Nah, mari kita simak informasi lebih lengkap tentang lulusan ITB semester 2 tahun 2019!

Batasan Nilai Kelulusan Seleksi Masuk ITB 2019


Batasan Nilai Kelulusan Seleksi Masuk ITB 2019

Siapa yang tidak kenal dengan ITB? Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan tahun-tahun sejarah prestigiusnya dan lulusan-lulusan hebat yang telah dihasilkannya. Tak heran banyak siswa-siswa SMA dari seluruh Indonesia yang bercita-cita untuk menjadi mahasiswa ITB.



Akan tetapi, untuk bisa menjadi mahasiswa ITB bukanlah perkara mudah. Calon mahasiswa harus melewati seleksi-sseleksi ketat yang dilakukan oleh pihak ITB sebagai tantangan awal sebelum diterima sebagai bagian dari keluarga besar ITB. Salah satu seleksi yang harus dilewati adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Setiap seleksi tersebut memiliki batasan nilai kelulusan yang berbeda, sehingga penting untuk mengetahui batasan-batasan tersebut sebelum memulai mengikuti seleksi.



SNMPTN merupaka jalur seleksi pertama yang harus dilewati oleh calon mahasiswa. Kali ini, Batasan nilai kelulusan yang dibutuhkan untuk bisa diterima di ITB pada seleksi SNMPTN tahun 2019 adalah minimal sebesar 67,5 untuk jurusan Teknik Kimia. Jurusan Teknik mesin memiliki batasan nilai kelulusan sebesar 70 dan Teknik Sipil sebesar 71. Untuk jurusan Teknik Elektro, batasan nilai kelulusan terbilang cukup tinggi, yaitu 72,5.



SBMPTN, seleksi kedua ini memiliki batasan nilai kelulusan yang terbilang cukup berat karena itu penting bagi calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti seleksi ini. Batasan Nilai untuk Jurusan Teknik Informatika misalnya, adalah 76, sedangkan jurusan Teknik Fisika adalah 77, dan jurusan Teknik Geologi bahkan memiliki batasan nilai kelulusan sebesar 78.



Seleksi Mandiri merupakan jalur seleksi yang langkahnya setelah SNMPTN dan SBMPTN. Pada seleksi mandiri, batasan nilai kelulusan seleksi masuk ITB tahun 2019 diatur oleh masing-masing fakultas pada ITB.



Tak hanya itu, calon mahasiswapun harus melakukan ujian tertulis sebagai tanda keseriusannya dalam menjalani seleksi masuk ITB 2019. Tes tertulis ini terdiri dari lima materi atau tes, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris. Tes tertulis yang dilakukan memiliki bobot skor yang cukup tinggi, yaitu sebesar 75% sehingga penting bagi calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes.



Menjadi mahasiswa ITB memang tidaklah mudah, tetapi juga tidak mustahil. Calon mahasiswa hanya perlu berusaha, berdoa, dan berusaha lagi. Jangan pernah menyerah dalam perjuangan kalian untuk bisa diterima di ITB. Semuanya bisa tercapai jika kita yakin dengan kemampuan kita dan berusaha semaksimal mungkin.



Peran Nilai UN dalam Kelulusan Seleksi Masuk ITB 2019


Peran Nilai UN dalam Kelulusan Seleksi Masuk ITB 2019

Nilai Ujian Nasional (UN) menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kelulusan dalam seleksi masuk ITB 2019. Hal ini karena nilai UN digunakan sebagai acuan utama dalam menentukan keberhasilan siswa dalam melakukan proses seleksi masuk ke perguruan tinggi.


Untuk bisa masuk ke ITB, pihak kampus mematok batas minimal nilai UN yang harus diraih oleh calon mahasiswa. Oleh karena itu, semakin tinggi nilai UN yang didapatkan, maka semakin besar pula peluang seseorang untuk diterima di ITB.


Namun, perlu diketahui bahwa nilai UN tidaklah menjadi satu-satunya faktor penentu kelulusan. Masih ada beberapa faktor lainnya yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa untuk bisa lulus seleksi masuk ITB 2019.


Salah satu faktor lain yang dapat mempengaruhi peluang seseorang untuk diterima di ITB adalah kemampuan dalam mengikuti uji seleksi masuk ITB.


Uji seleksi masuk ITB sendiri terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui, seperti ujian tertulis, psikotes, dan wawancara. Selain itu, ITB juga memperhitungkan prestasi yang pernah dicapai oleh calon mahasiswa dalam bidang akademik, olahraga, ataupun kegiatan-kegiatan di luar sekolah.


Jadi, meskipun nilai UN menjadi faktor yang sangat penting dalam kelulusan seleksi masuk ITB 2019, namun tidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya tolak ukur keberhasilan dalam setiap tahap seleksi masuk tersebut.


Yuk, Menunggu Keputusan Kelulusan Itu Menegangkan?


Semoga informasi mengenai passing grade ITB 2019/2020 dapat membantu kalian yang sedang menunggu keputusan kelulusan. Tidak perlu merasa khawatir atau takut, tetaplah percaya diri dan yakin bahwa kita pasti bisa meraih apa yang kita inginkan asalkan kita berusaha dan terus belajar. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa kunjungi lagi untuk mendapatkan informasi menarik seputar dunia pendidikan. Sampai jumpa!
Ad Code
Search
Ad Code
Menu
Theme
Share
Additional JS