0
Labels List
Labels Cloud
Popular Posts
Home  ›  General

Mengenal Nilai Lulus UNIMED 2019 dan Jalur Seleksinya


Hallo semua! Sudah lebih setahun kita menjalani pandemi ini dan masih harus melanjutkan aktivitas belajar-mengajar secara daring. Namun, kita harus tetap semangat dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik ya. Nah, kali ini aku mau bahas mengenai berita gembira nih, terutama buat kalian yang sedang menempuh pendidikan di universitas. Kabarnya, akhirnya keluar juga nih pengumuman hasil ujian akhir semester atau Passing Grade Unimed 2019! Penasaran kan? Yuk, langsung aja kita simak berita selengkapnya!

Penentuan passing grade UNIMED 2019


penentuan passing grade

Setiap tahunnya, pelajar yang mengikuti Ujian Nasional (UN) pasti menanti-nantikan keluarnya passing grade, termasuk pelajar di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Universitas Negeri Medan (UNIMED) kembali mengumumkan passing grade-nya setelah keluar hasil tes pada tahun ajaran 2019. Passing grade ini mempengaruhi kelulusan dan masuknya calon mahasiswa baru ke dalam universitas tersebut.



Passing grade adalah sebuah nilai ambang batas yang ditentukan oleh pihak universitas sebagai kriteria diterimanya calon mahasiswa baru ke dalam universitas tersebut. Jadi, jika nilai calon mahasiswa baru tidak memenuhi kriteria tersebut, maka calon mahasiswa tersebut tidak bisa diterima di universitas tersebut. Passing grade dipengaruhi oleh kuota dan daya tampung yang ada di universitas.



Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka passing grade adalah hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara penentuan passing grade UNIMED pada tahun 2019 ini. Cara penentuan passing grade UNIMED tahun 2019 dijelaskan sebagai berikut:



Kriteria Penentuan Passing Grade UNIMED


menggagalkan

Sebelum membahas cara penentuan passing grade UNIMED tahun 2019, ada baiknya kamu mengetahui kriteria penentuan passing grade tersebut. Penentuan passing grade UNIMED akan diperoleh jika kamu telah memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:




  • Calon mahasiswa harus memenuhi syarat kelulusan SMA/SMK/MA

  • Calon mahasiswa harus memilih program studi yang dibuka oleh universitas dalam jalur penerimaan mahasiswa baru.



Dari kedua kriteria tersebut, universitas akan menentukan passing grade dengan melihat jumlah daya tampung kursi dan kuota calon mahasiswa yang diterima di setiap program studi yang dibuka.



Faktor Penentu Passing Grade UNIMED


faktor penentu

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penentuan passing grade UNIMED. Berikut diantaranya:




  • Daya tampung

  • Jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di setiap jalur penerimaan mahasiswa baru UNIMED

  • Kualitas nilai calon mahasiswa pada saat SMA/SMK/MA

  • Proporsi kuota nasional dan kuota daerah



Dari beberapa faktor di atas, daya tampung menjadi faktor penting yang mempengaruhi penentuan passing grade UNIMED. Setiap program studi memiliki daya tampung yang berbeda-beda sehingga passing grade dari masing-masing program studi juga akan berbeda-beda.



Contoh Penentuan Passing Grade UNIMED Tahun 2019


contoh

Setelah mengetahui kriteria dan faktor-faktor penentuan passing grade UNIMED, kamu pasti penasaran bagaimana contoh penentuan passing grade UNIMED tahun 2019. Berikut adalah contoh perhitungan passing grade berdasarkan daya tampung sebuah program studi:



Misalnya, Universitas Negeri Medan membuka program studi Teknik Informatika dengan kuota 50 orang. Dalam program ini, terdapat 10 orang dengan nilai tertinggi, 10 orang dengan nilai terendah, dan 30 orang yang menyusul. Dari data tersebut, dapat dihitung passing grade untuk program studi tersebut sebagai berikut:



Passing grade = 30/50 x 100% = 60%



Maka artinya, mahasiswa yang mendapatkan nilai di atas 60% akan diterima pada program studi Teknik Informatika di Universitas Negeri Medan.



Itulah cara penentuan passing grade UNIMED pada tahun 2019 ini. Setiap tahunnya, penentuan passing grade selalu berbeda-beda tergantung pada daya tampung dan kuota yang tersedia. Jadi, kamu perlu memperhatikan kriteria dan faktor-faktor penentuan passing grade tersebut agar kamu bisa lolos untuk masuk ke universitas negeri terbaik di Medan ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Good luck!



Faktor-faktor yang memengaruhi passing grade UNIMED 2019


Unimed 2019

Setiap tahunnya, Passing Grade (PG) Universitas Negeri Medan (UNIMED) selalu menjadi perbincangan para pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. PG UNIMED tentunya sangat penting sebab PG ini menentukan apakah pelajar tersebut bisa diterima di UNIMED atau tidak. Oleh karena itu, tidak salah jika banyak calon mahasiswa yang mengejar PG UNIMED tersebut.


Pada tahun 2019, PG UNIMED untuk SNMPTN sebagai jalur masuk utama adalah 57.86 dan 46.00 untuk SBMPTN. Namun, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi PG UNIMED 2019 tersebut? Merangkum berbagai sumber, berikut adalah penjelasannya:



1. Daya Tampung Universitas Negeri Medan


Unimed

Daya tampung merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi PG UNIMED pada tahun 2019. Universitas Negeri Medan memang merupakan salah satu universitas negeri yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh kaum muda. Kenapa? Karena dengan kuliah di UNIMED, mahasiswa bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat, meningkatkan kariernya di masa depan, dan menjadi orang yang sukses.


Namun, di balik itu semua, kita juga harus mempertimbangkan daya tampung UNIMED. Daya tampung UNIMED tidak bisa menampung seluruh pelajar di Indonesia. Oleh karena itu, daya tampung UNIMED menjadi faktor yang memengaruhi PG-nya. Semakin banyak pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di UNIMED, semakin tinggi pula PG-nya.



2. Tingkat Kesulitan Soal Ujian Masuk


soal ujian

Tingkat kesulitan soal ujian masuk juga menjadi faktor yang memengaruhi PG UNIMED 2019. Universitas Negeri Medan selalu menciptakan soal ujian masuk yang tidak mudah, sehingga hanya pelajar yang memang mampu dan berprestasi yang bisa lulus atau mendapatkan nilai yang baik.


Ketika soal ujian masuk dijadikan lebih sulit, maka PG pun akan mengalami kenaikan. Hal ini karena hanya sedikit pelajar yang bisa menjawab soal ujian masuk dengan benar. Sebaliknya, jika soal ujian terlalu mudah, akan banyak pelajar yang mendapatkan nilai yang tinggi, dan akhirnya PG-nya akan turun.



3. Persaingan yang Ketat


persaingan

Persaingan ketat juga menjadi faktor yang memengaruhi PG UNIMED 2019. Hal ini sangat mudah dipahami, sebab semakin ketat persaingan, maka PG akan semakin tinggi. Universitas Negeri Medan merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia, sehingga bagi pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, UNIMED selalu menjadi salah satu pilihan.


Dalam persaingan yang ketat seperti ini, pelajar harus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin untuk bisa lolos tes masuk UNIMED. Mereka harus belajar lebih giat, mempersiapkan mental, dan berusaha semampunya agar bisa menjadi yang terbaik.



4. Prestise Universitas Negeri Medan Tinggi


prestige universitas

Universitas Negeri Medan memiliki prestise yang tinggi di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di Sumatera Utara. Hal ini menjadikan UNIMED sebagai salah satu universitas yang diimpikan oleh banyak calon mahasiswa. Selain ilmu yang bermanfaat, kuliah di UNIMED juga bisa menunjang karier di masa depan.


Namun, karena prestise yang tinggi tersebut, membuat UNIMED menjadi semakin sulit untuk diakses. PG UNIMED yang terus naik dari tahun ke tahun menjadi bukti betapa banyaknya calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNIMED.



5. Tingkat Pendidikan Masyarakat di Indonesia Meningkat


pendidikan indonesia

Tingkat pendidikan masyarakat di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini memang menjadi kabar yang baik, karena menandakan bahwa masyarakat Indonesia semakin memahami pentingnya pendidikan. Namun, hal tersebut juga menjadi faktor yang mempengaruhi PG UNIMED 2019.


Ketika tingkat pendidikan masyarakat semakin meningkat, maka semakin banyak orang yang ingin kuliah di universitas terbaik. UNIMED menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia, sehingga PG-nya pun akan terus naik.



6. Fasilitas yang Memadai


fasilitas universitas

Universitas Negeri Medan menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar para mahasiswa. Semua fasilitas tersebut dapat membuat mahasiswa merasa nyaman dan bisa mempelajari ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan mereka di masa depan.


Memiliki fasilitas yang sangat memadai tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon mahasiswa. Para calon mahasiswa akan lebih tertarik untuk melanjutkan kuliah di UNIMED karena faktor ini. Semakin banyak calon mahasiswa yang tertarik, semakin tinggi pula PG-nya.



7. Mutu Pendidikan yang Tinggi


mutu pendidikan

Mutu pendidikan yang tinggi di Universitas Negeri Medan menjadi faktor yang memengaruhi PG-nya. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa UNIMED selalu menempatkan mutu pendidikan sebagai prioritas utama.


UNIMED selalu menghadirkan tenaga pengajar yang ahli dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Selain itu, UNIMED juga selalu menawarkan program-program belajar yang inovatif untuk para mahasiswa, sehingga mereka bisa memahami teori dengan lebih baik.


Dengan mutu pendidikan yang tinggi, pelajar pasti akan tertarik untuk kuliah di UNIMED. Hal ini juga berpengaruh pada PG UNIMED 2019 yang terus naik dari tahun ke tahun.



Demikianlah faktor-faktor yang memengaruhi PG UNIMED 2019. Meski tiap tahun melewatkan persaingan yang semakin ketat, peluang untuk masuk ke Universitas Negeri Medan memang sulit, namun tentunya tidak harus menyerah. Para calon mahasiswa tetap harus terus berusaha dan berdoa agar bisa mendapatkan nilai yang baik dan lulus pada ujian masuk UNIMED.


Terima Kasih Sudah Membaca!


Sekian informasi mengenai Passing Grade Unimed 2019. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua, apalagi bagi yang ingin melanjutkan studi di Universitas Negeri Medan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke situs kami untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan lainnya. Sampai jumpa lagi!
Ad Code
Search
Ad Code
Menu
Theme
Share
Additional JS